Dulu Banyuwangi sering disebut sebagai jalur perlintasan Pulau Jawa menuju Pulau Bali, yang diteruskan melalui Pelabuhan Ketapang. Banyuwangi sendiri adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Banyuwangi dikenal sebagai kabupaten terluas di Pulau Jawa, Selain itu juga terkenal akan keindahan pesonanya. Sehingga banyak para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten ini. Untuk para wisatawan tentunya butuh tips perjalanan wisata ke Banyuwangi, jangan sampai persiapan wisata terganggu hanya karena persiapan yang kurang matang.

Tips Perjalanan Wisata Ke Banyuwangi

Inilah beberapa tips yang harus anda coba saat akan berwisata ke Banyuwangi antara lain:

1. Merencanakan Jadwal Perjalanan Wisata Dengan Matang

Terkadang spontanitas bisa menjadikan liburan semakin seru. Namun, jika Anda hanya memiliki waktu yang terbatas untuk liburan, sebaiknya Anda merencanakan jadwal perjalanan dengan matang. Carilah informasi sebanyak mungkin melalui Internet atau media lainnya. Mulai dari penginapan, transportasi, hingga jarak dan waktu yang diperlukan menuju tempat-tempat wisata di Banyuwangi. Dengan demikian, waktu Anda tidak akan terbuang di lokasi hanya untuk mencari informasi tersebut apalagi, terlebih jika Anda akan berlibur bersama teman-teman atau keluarga.

Untuk menghindari konflik saat melakukan liburan, Anda dan rombongan harus sudah merencanakan perjalanan Anda sebelumnya. Satu lagi yang juga penting adalah mencari informasi mengenai agenda festival atau kegiatan yang akan dilaksanakan di Banyuwangi sesuai dengan jadwal wisata Anda.

2. Perencanaan Wisata

Berwisata sesuai rute akan menjadikan wisata menjadi lebih efektif dan efisien. Jika ingin berwisata ke kawah Ijen, maka carilah objek wisata yang sesuai dengan rute, misalnya perbukitan atau air terjun. Begitu pula jika ingin berwisata ke kawasan lain, Cari objek wisata yang searah dengan rute perjalanan.

3. Bawa Pakaian Hangat

Tips ini sebenarnya khusus bagi Anda yang akan berwisata ke Kawah Ijen atau menyaksikan pancaran blue fire. Seperti halnya ketika Anda melakukan persiapan perlengkapan wisata ke Dieng, karena Anda akan pergi ke dataran tinggi yang dikenal dengan suhunya yang dingin, maka sebaiknya Anda membawa pakaian hangat dalam bawaan Anda. Tak perlu bawa banyak-banyak, bawalah pakaian hangat yang bisa Anda bawa seperlunya saja.

 4. Menawar Harga

Saat berbelanja, ada baiknya menawar harga. Apalagi untuk wisata belanja di pasar yang tidak terdapat label harga di barang dagangannya. Tentu harga oleh-oleh yang murah akan menguntungkan. Ini menjadi tips perjalanan wisata ke Banyuwangi yang sangat penting karena bisa menghemat anggaran wisata anda.

5. Sewa Kendaraan

Ada baiknya anda menyewa kendaraan saat di Banyuwangi, namun karena tidak banyaknya pilihan transportasi yang ada di sana, mau tak mau Anda harus menyewa kendaraan di sana. Tenang, ada kok beberapa penyedia jasa sewa kendaraan untuk wisatawan di Banyuwangi. Apalagi kini potensi wisata di sana sedang beranjak naik. Pasti akan banyak peluang bisnis baru yang berhubungan dengan pariwisata, termasuk jasa sewa kendaraan.

6. Persiapan Fisik

Kebanyakan wisatawan yang menuju Banyuwangi adalah wisatawan yang datang dari banyak daerah baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Jika anda berasal dari daerah yang cukup jauh, maka kondisi fisik yang prima pasti dibutuhkan. Jangan sampai mabuk mengganggu perjalanan hanya karena kurang mempersiapkan kesehatan fisik. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan yang diperlukan seperti PPPK dan juga obat pribadi.

7. Jangan Buru-Buru Pulang

Banyuwangi terlalu luas untuk dieksplor dalam waktu singkat. Lebih baik usahakan berwisata di Banyuwangi dilakukan dalam beberapa hari. Jangan buru-buru pulang. Oleh karena itu, usahakan mengambil cuti yang cukup untuk mengeksplor Banyuwangi agar tidak ada kerugian di perjalanan. Menikmati Banyuwangi lebih lama akan menjadikan anda semakin serasa memiliki Banyuwangi.

8. Bawa Topi / Payung

Topi dan payung akan sangat membantu perjalanan. Di manapun wisatawan berada, topi dan payung akan melindungi kepala dari sengatan matahari yang seringkali membuat pusing kepala. Topi dan payung juga akan membuat wisatawan bebas beraktivitas di bawah terik matahari. Sehingga anda tak perlu takut apabila suasana hujan maupun panas terik, karena anda telah mempersiapkan payung atau topi.

Demikianlah beberapa tips perjalanan wisata ke Banyuwangi yang bisa dijadikan referensi wisata. Apapun objek wisatanya, kapanpun waktu berwisata, persiapkan rencana liburan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada ketidaknyamanan hanya karena salah merencanakan perjalanan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>