Di saat anda melakukan perjalanan ke Banyuwangi, pastinya tidak akan terlupa untuk membeli oleh-oleh khas Banyuwangi. Bener sekali, perjalanan akan terasa hambar jika nantinya tidak sama sekali membawa pulang icon khas dari kota yang anda kunjungi. Tetapi terkadang, planning yang telah ditata sekian cantik mulai dari perjalanan awal hingga akhir sempat tertunda karena terhalang oleh tarif harga perjalanan yang tinggi. Jangan bingung dan jangan khawatir, Banyuwangi Adventure hadir untuk menyelesaikan masalah anda dalam melakukan perjalanan liburan. Banyuwangi Adventure merupakan salah satu bisnis yang menerima layanan jasa travel dengan harga lebih hemat. Akan lebih mudah bukan? Untuk info lebih lengkap, anda bisa mengaksesnya di bwiadventure.com.

Ada beragam destinasi wisata yang diperkenalkan di Banyuwangi yaitu salah satunya adalah kuliner dan assesoris yang bisa dijadikan oleh-oleh khas dari kota Banyuwangi. Dan dalam artikel kali ini akan diuraikan beragam jenis oleh-oleh khas dari Banyuwangi.

8 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Yang Sayang Jika Dilewatkan

Seseorang yang berkunjung ke tempat wisata di Banyuwangi, biasanya tidak akan lupa membawakan buah tangan khas dari daerah tersebut untuk diberikan kepada keluarga yang di rumah. Nahh, berikut adalah jenis oleh-oleh khas dari Banyuwangi :

1. Kue Bagiak

Kue Bagiak atau biasa disebut Bagiak merupakan salah satu ciri khas dari daerah Banyuwangi. Bentuk kue ini biasanya lonjong, dengan bahan dasar dari tepung kanji, garam, susu, pelapah, telur, dan bahan perasa. Olahan khas Banyuwangi ini dihadirkan dalam beberapa varian rasa yaitu coklat, strawbery, madu, pisang, keningar, wijen, dan moka.

2. Ladrang Ubi

Dari nama yang diambilnya sudah tergambar bahwa olahan tersebut terbuat dari ubi jalar. Tapi biasanya, orang Banyuwangi menyebutnya dengan Sabrang. Oleh-oleh khas Banyuwangi ini diolah dengan bentuk kecil memanjang dan disajikan dalam bentuk kripik manis.

3. Pia Glenmore

Nama Glenmore yang diambil merupakan nama dari salah satu kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Pia Glenmore memiliki ciri khas rasa tersendiri, karena pembuatannya disesuaikan dengan ciri dari daerah tersebut. Untuk varian rasanya, ada 11 rasa yaitu diantaranya adalah coklat, nanas, kacang merah, kacang hijau, dan pisang keju.

4. Kue Untir-Untir

Bentuk yang unik dan rasanya yang lezat, menjadikan daya tarik tersendiri untuk olahan khas Banyuwangi ini. Bahan dasar pembuatannya adalah kacang tanah dan tepung. Varian rasa yang biasanya ditawarkan adalah coklat dan original.

5. Kopi Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia, dengan kualitas kopinya yang tinggi. Berbicara terkait kopi, di Banyuwangi terdapat suatu komunitas yang memiliki tradisi minum kopi yang berada di Desa Kemiren. Secara garis besar, ada beberapa jenis kopi yang ditawarkan di Banyuwangi yaitu kopi seblang , kopi kemiren, kopi pingit, dan kopi lanang.

6. Kanggi

Kanggi merupakan salah satu produk usaha ekonomi kreatif dari masyarakat Banyuwangi. Oleh-oleh khas Banyuwangi kali ini mempunyai sisi keunikan dalam setiap proses dan penyajiannya. Nama Kanggi sendiri diambil dari kata “Kangge” dalam bahasa Osing yang berarti persembahan. Jadi untuk pengemasan Kanggi dibuat dalam bentuk paketan yang dibalut dengan anyaman bambu yang cantik. Dalam balutan anyaman bambu tersebut terdapat macam-macam produk lokal Banyuwangi. Diantara produk tersebut adalah kain batik, souvenir, kopi, kudapan ringan, dan lain-lain.

7. Batik Banyuwangi

Dari sekian motif batik yang dihasilkan oleh Banyuwangi, sudah ada puluhan motif batik yang diperkenalkan ke Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Ada beberapa motif batik yang terkenal adalah Sembruk Cacing, motif Gajah Oling yang berbentuk bunga yang hampir menyerupai belalai gajah, Gedhegan, dan lain sebagainya.

8. Kerajinan Gintangan

Industri kerajinan gintangan berlokasi di Desa Gintangan Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Gintangan ini diproduksi dengan anyaman bambu dengan beragam bentuk dan penyajian. Produk kerativitas dari anyaman bambu ini antara lain tempat buah, kap lampu, wadah tisu, keranjang parcel, dan lain sebagainya.

Jadi bagi anda yang mempunyai planning liburan ke Banyuwangi atau bahkan yang sekarang lagi liburan di Banyuwangi, jangan bingung lagi untuk mencari ciri khas Banyuwangi. Daftar icon di atas dapat dijadikan sebagai referensi dalam mencari oleh-oleh khas Banyuwangi. Semoga dengan artikel ini, anda tidak bingung ya untuk mencari buah tangan untuk keluarga di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>