Perlulah sejenak meninggalkan kebisingan kota dan beranjak untuk berkunjung ke salah satu objek wisata. Teluk Biru Banyuwangi menjadi salah satu lokasi yang recommended untuk dikunjungi. Dengan keindahan yang memukau serta panorama dasar laut yang indah. Ditambah dengan suasana Teluk yang masih alami baik air laut ataupun lokasinya. Menambah kenyamanan berwisata, istilah Teluk digunakan karena kejernihan air yang tampak indah dengan warna kebiru-biruan.

Lokasi

Teluk Biru Banyuwangi ini berada di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Objek wisata Teluk Biru berada di Taman Nasional Alas Purwo. Tepatnya berlokasi di Resort Sembulungan. Daerah ini dikenal sebagai tempat penangkapan ikan oleh Wisatawan dan masyarakat Muncar. Maka sesekali pantai ini disebut dengan istilah Pantai Teluk Biru Muncar Banyuwangi. Adapula masyarakat lokal sering menyebutnya dengan istilah Senggrong, apabila anda ingin bertanya kepada penduduk setempat mengenai lokasi, sebaiknya menggunakan istilah senggrong bukan teluk biru. Dan juga Keberadaan teluk ini sendiri belum diketahui oleh wisatawan Asing maupun wisatawan Lokal. Sehingga keberadaannya belum banyak terekspose.

Rute / Akses

Hanya ada satu jalan menuju Teluk Biru ini. Satu-satunya jalan yang bisa anda tempuh adalah melalui jalur laut. Belum ada akses darat yang bisa ditempuh untuk menuju ke Teluk Biru. Menikmati keindahan Teluk Biru sebaiknya dilakukan antara bulan Oktober hingga Mei, karena arah angin dari wilayah selat Bali sangat berpengaruh. Jadi cukup berbahaya jika melalui perjalanan selain dari dua bulan itu. Jadi pengunjung harus menyewa perahu jika ingin berkunjung ke sana. Sedangkan biaya sewa Perahu adalah Rp.300.000 s/d Rp.500.000,-. Untuk Jalur yang ditempuh berawal dari pelabuhan ikan di Muncar sekitar satu jam dari kota Banyuwangi  Setelah itu dilanjutkan dengan mengendarai perahu tradisional nelayan selama kurang lebih dua jam hingga menuju Teluk Biru. Selama menempuh perjalanan anda bisa menikmati keindahan alam kehijauan.

Komunitas Gemuruh

Zaman dahulu para nelayan menangkap ikan menggunakan cara yang ilegal, dengan menggunakan bom ataupun menggunakan potassium. Seiringnya waktu kegiatan itu sudah ditinggalkan. Namun untuk tetap menjaga kelestarian alam dan tempat wisata di Teluk Biru Banyuwangi tersebut. Masyarakat setempat membentuk sebuah komunitas Gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku). Kegiatan yang dilakukan oleh Gemuruh adalah melakukan penanaman rumah ikan, transplantasi terumbu karang dan penanaman pohon mangrove di sekitar tepi pantai.

Snorkeling

Merupakan hal yang menjadi kegiatan utama saat berwisata di Pantai. Berenang bersama ikan, serta bercengkerama dengan terumbu karang yang indah menari-nari mengikuti irama air, akan menemukan keindahan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata kata.

Menyelam atau Diving

Kegiatan yang satu ini membuat mata terpesona dan tercengang dengan keindahan yang dimiliki teluk Biru. Akan sangat menyenangkan menyelam di bawah air untuk melihat keindahan Teluk Biru yang sesungguhnya. Saat menyelam anda akan dipandu dengan instruktur selam yang telah mahir.

Berlayar dengan Perahu

Untuk menambah kepuasan anda berwisata dalam menikmati keindahan Teluk Biru Banyuwangi ini. Anda masih bisa menikmati irama air Teluk Biru dengan mengendarai Perahu. Anda akan dimanjakan oleh sebuah kapal kano yang akan mengajak anda berkeliling di sekitar Teluk Biru. Semilir angin serta gemercik air akan menjadi suasana yang pas untuk menenangkan diri.

Eksotisme Teluk Biru

Belum popular seperti tempat wisata lainnya. Keindahan tersembunyi dari Teluk biru ini perlu diketahui dan memang wajib dimasukkan dalam salah satu daftar untuk dikunjungi. Tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata keindahan teluk biru ini, wisata yang cocok untuk para Traveller yang suka berenang dan bermain air. Menyelam dan melihat keindahan alam di dasar laut sangat menakjubkan. Bagi pengunjung yang hobi memancing, Silahkan membawa pancing ataupun jaring untuk berburu ikan di sini. Karena selain menjadi tempat wisata, Teluk Biru ini juga menjadi komunitas para ikan.  Selain beberapa kegiatan tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan sunrise dikala fajar menjelang. Karena jarak yang ditempuh cukup jauh, jadi pengunjung harus berangkat pukul 02.00 dini hari untuk melihat keindahan sunrise.

Itulah keindahan yang dimiliki oleh Teluk Biru, mengesankan bukan ? Tidak perlu menunggu lama lagi, siapkan jadwal, atur kepergian dan langsung kunjungi lokasi ini. Bakalan kecanduan deh pokoknya dengan keindahannya. Dan jangan lupa menggajak kami agar liburan anda lebih berkesan.

Ayo kenali, jelajahi, abadikan dan ceritakan indahnya Banyuwangi bersama @BWIadventure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>